Friday, March 04, 2005

lelaki kecil itu bernama Zul ...

postingan lama yang disempurnakan ... lama banget soalnya file ilang, takut critanya ada yg salah ... setelah diinget2 akhirnya bisa tersusun juga ...

Indrapuri 18 januari 2005
hari ke dua-ku menginjakkan kaki di bumi atjeh

..kak.. antarkan lah aku ke kajo .. yah ..??!! aku ingin tengok rumahku .. " serunya dengan pandangan memohon ...
aku cuma bisa bengong ..kajo??!! liat rumah?? bukannya daerah itu termasuk yg rusaknya paling parah ..?? gak ada lagi lah rumah di sana..
kak .. ayolah .. aku rindu pada rumahku itu ..." katanya lagi stengah meminta..
aku bingung ... gak tega sebenarnya menolak pintanya.. anak ini sudah yatim piatu tak ada lagi sanak jg sodara .. semua habis ditelan badai .. rasanya tak tega mengecewakan-nya .. tapi membawanya ke tempat itu .. tempat awal bencana sungguh bukan tindakan yg bijaksana juga ... (paling tdk menurutku sih ..)
gimana tidak ... tempat itulah segalanya bermula .. di tempat itulah alam merenggut semua yg ia cinta hingga habis tak bersisa .. apalagi menurut bang Nasir, seorang pemuda luar biasa yang kini jadi pengasuhnya (ttg bang nasir ini nanti aku bagi di tempat terpisah deh..) ktika pertama kali dibawa ke indrapuri anak ini sgt trauma.. suka mimpi buruk dan teriak2 memanggil mamak-nya .. jelas aku ngeri membangkitkan duka sobat kecil yang baru 13 tahun ini..

tapi lihat lah pandangan meminta itu .. sangat meluluhkan hati .. aku langsung lumer ... ktika mata kami bertemu ... akhirnya aku cuma bisa melirik bang Nasir.., minta pertimbangan ... waktu akhirnya bang Nasir menganggukkan kepala tanda setuju .. akupun tanpa ragu mengantarkan sobat kecil itu menuju tempat yang lama ia rindukan; kampung halaman ...
kami pun meluncur menuju kajo .... setelah sempat bersitegang dg aparat krn kami gak diijinkan keluar dari indrapuri. maklum baru sejam sebelumya terjadi kontak senjata, dg gam yg bikin aku ktakutan setengah mati .. sampe harus tiarap2 .. tembak2an serem juga ... suaranya sih .. kayak pistol mainan tapi kata aparat yg kbetulan ada di situ, klo kena bisa mati beneran ...
untungnya bawa kamera jd dg ngliatin id card wartawan kami pun bisa melenggang keluar dari arena temabak2an. setelah ngambil gambar seperlunya tentunya.. lumayan untuk bahan bikin voice over buat rep sore nanti.

balik ke zul ... kami jadi anter dia ke kajo ...
sesampainya di sana .....
seperti yg udah aku bayangkan ... desa si zul memang udah rata dengan tanah ... aku melirik anak lelaki itu dg iba .. wajahnya terlihat mengeras ... yahh ... aku bisa mengerti .. di tempat inilah dia dibesarkan.. di tempat ini pula, ayah, ibu, keempat adiknya direnggut paksa..

Zul langsung lari .... kak .. menuju bangunan yg dah rata dg tanah ...
kak.. ini rumah Zul ... tadinya .. ucapnya sedih .. di sini kamar tamu, itu kamar zul .. nah ... ini kolam ikan zul ... katanya sambil menunjuk sebuah bangunan yang tinggal lantainya saja...duuhhh miris hati ku mendengarnya .. Dan aku pun bertambah sedih waktu cerita itu meluncur dari bibirnya.. waktu itu lagi makan pagi, kak ... mamak di sini sama bapak, adik bayi ama adik zul yang perempuan.. zul lagi maen ikan sama adik laki-laki .. trus ada bunyi gemuruh ... tiba2 air sudah datang hitammmm ... menggulung kita.. zul liat mamak gendong adik bayi ... teriak2 Allahhuakbar ... tapi trus tenggelam ... bapak udah keseret gak tau kemana... adik zul yang laki2 ama perempuan juga sempet liat tapi terus terbawa air ... zul pegangan pintu .. rumah tenggelam... badan zul kena kayu ... sakit ... trus gak inget apa-apa lagi ..tau-tau sudah di rumah bang nasir.

kasian ... anak sekecil itu harus menanggung derita sedemikian hebat... kehilangan keluarga, orang2 tercinta juga rumah dan harta dalam hitungan menit saja. Dalam sekejab zul pun jadi yatim piatu sebatang kara .. malangnya ...

tapi zul cukup tabah ternyata .. luar biasa... dia cepat menguasai diri dan kembali berlari ke arah masjid yang amazingnya masih kokoh berdiri. dia ketemu ma irwan teman sekolah yg juga kehilangan semua anggota keluarganya. mereka pun bertangisan sambil saling memeluk ... duuuhhhh ...

dan zul cuma sebuah contoh kecil betapa banyak anak aceh yang kehilangan segalanya .... masih banyak zul-zul lain yang hidup sebatang kara ... menanti uluran tangan kita ... jadi ... mestikah kita hanya berdiam dan melihat .. tanpa berbuat sesuatu ???!!!

No comments: