Thursday, March 10, 2005

hadiah tak terduga....

pagi itu di rumahku ...
sbenernya sih spt pagi2 biasanya ... tp hr ini jd trasa istimewa .. pak pos dateng .. membawa berita .. sebuah amplop coklat tua segera berpindah dari tangannya kepada-ku ..pnasaran ..aku ingin segera membuka..

ternyata sebuah tawaran .. bukan tawaran biasa tapi tawaran dari kampus tercinta ... mereka memintaku kembali mengabdikan diri di sana .. bukan sekedar mengajar tapi mereka juga memintaku juga ntuk kembali menuntut ilmu di kampus biru ... beasiswa s2 ... wow..
Gak terkira rasa bahagia tiba2 bertumbuhan di hatiku .. sesuatu yang lama kuimpikan kini terhidang di depan mata ..
gak sabar pengen mengabarkan berita mengejutkan ini pada dua orang tercinta, babe dan ibu .. kebayang mereka pasti akan menerima ini dg suka cita .. karena ini bukan saja inginku tapi juga jd idaman mereka ...

tapi semangat yg tadinya membara itu tiba-tiba luruh ... lumer dan mencair .. aku sadar .. aku harus meninggalkan jakarta .. bila ingin menerima tawaran ini .. meninggalkan pekerjaan yg sangat kunikmati ini .. meninggalkan teman2 yg ikut membuatku dewasa ..meninggalkan kehidupan yg sangat kusukai ini .. dan terutama meninggalkannya ...org terdekat yg slama beberapa bulan ini menempati singgasana itu ...

rasa bahagia itu tiba2 surut ... yah .. aku harus menguburkan semuanya .. membalikkan arah dari tawaran itu .. sedih dan kecewa langsung menyelinap di hati .. aku harus melepaskan kesempatan terbaik yang pernah tiba ... dan aku yakin .. gak semua org seberuntung aku dapetin tawaran sebagus itu ...
sebell rasanya .. marah aku ... marah ... knapa skarang ia baru datang stelah tak kubutuhkan .. knapa tidak dr dulu saat aku begitu mengharapkan ...knapa dia baru hadir saat aku sudah meniti jalan menuju mapan .. knapa ...

namun... lagi2 rasa marah, sedih, bercampur kecewa itu berangsur sirna ketika kembali aku mengingatnya .. orang terkasih ..
ingat .. rencana2 masa depan yg coba kita susun bersama .. ingat saat2 yang akan kita lewati nanti .. ingat betapa perjalanan yang akan kita lalui nanti akan jadi perjalanan yang mengasyikkan .. penuh petualangan dan kejutan ..
aku tau aku harus melepaskan cita2 itu ... toh hidaup adalah sebuah pilihan ...mungkin Tuhan memang punya rencana sendiri .. punya alasan sendiri mengapa tiba2 tanpa angin dan hujan tiba2 DIA menganugrahiku sebuah kejutan tak ternilai .. :) mungkin Tuhan ingin mencoba keteguhan hatiku ... mungkin ..

Segera kuangkat telepon sambil berucap dalam hati ; Maafkan aku Tuhan bila telah menyia-nyiakan kesempatan yang telah Engkau berikan ..
Semoga langkah yang kuambil ini adalah langkah yang benar ... tolong Tuhan jangan biarkan aku berbuat kesalahan ..

Dan ketika kemudian aku menjawab tawaran itu ... dengan ucapan "maaf bapak ... saat ini Shanty belom bisa menerima tawaran indah itu ..maaf .. karena masih banyak yang shanty ingin belajar di sini ... saat ini shanty merasa penuh di sini .. bahagia dengan semua yang santy punya .. maafkan .. bila tak bisa memenuhi permintaan kampus kita, tapi sungguh suatu kehormatan buat santy .. dan santy sangat bangga dengan tawaran itu" Aku yakin para pendidikku itu pun mengerti .. bagaimanapun mereka tentu ingin yg terbaik untukku


Dan aku .. sama sekali tak menganggapnya sebagai pengorbanan .. namun aku melihat pilihan ini ..adalah sebuah harga yang memang pantas dibayarkan ..untuk sebuah impian ....

No comments: