Thursday, March 31, 2005

semangat-mu ....

datang ke rumahnya yang sederhana hari itu .. terasa sangat biasa mulanya ... dalam hati sempat melintas cibiran .. "mantan atlit ..? apa sih istimewa-nya ..? tapi ktika aku bertemu muka dengannya ... sosok renta yang punya semangat menyala meski sudah menginjak 78 tahun .. aku segera sadar ... ada yang istimewa dari-nya ..

mbah rono .. ia menyebut dirinya begitu .. seorang atlit yang sempat berjaya di jaman-nya ..yah sekitar tahun 1948 .. saat itu pon pertama di adakan di stadion sriwedari solo ... misi mulia-nya saat itu sih mempersatukan kembali generasi muda indonesia yang terpecah menjadi tiga kubu .. nasionalis, agamis, dan komunis

sebenernya sih tak ada yg istimewa dr pon itu .. yah spt pon2 yg laen ..perlombaan olah raga biasa .. yg istmewa adl semangat para atlitnya kala
itu ... dan tentu saja tujuan mulianya ... mempersatukan seluruh bangsa tak ada stadion di sana .. so merekalah para atlit itu yg bangun stadion .. bikin lintasan ... bikin gawang ... tentu saja dengan pralatan yang jauh dari memadai ..
atlit2 itu jg bukan semata2 atlit ... mereka adl pekerja2 ..bahkan ada yg ibu rumah tangga ..oya crita lucu mengenai-nya .. ibu supini namanya .. ibu ini atlit lari ..
waktu ikut perlombaan ibu ini lagi punya bayi .. tapi semangatnya tak mati .. ia tetap bergelora untuk ikut lomba.. jadilah si ibu menyempatkan waktu .. di sela2 istirahan dan nunggu nomor lomba berikutnya .. ia duduk di bawah pohon bringin tengah alun alun .. untuk menyusui bayinya..!!!

Kembali ke mbah Rono
kini masa kejayaan memang telah lewat ... mbah Rono udah tua .. 78 tahun .. tapi jangan salah ... masa tua tak digunakan-nya untuk bertopang dagu ... ia masih tetap berkarya.. patung-patung kijang dibuatnya sebagai pengisi waktu juga penyambung hidup .. si embah satu ini memang luar biasa .. meski renta ia tetap tak mau menggantungkan hidup pada anak cucu di sekitarnya. Bersama istri tercinta bekerja keras dari subuh hingga petang membuat karya seni yang kemudian di jual dari jawa hingga ke bali. Tujuannya pun tetap mulia .. ia ingin anak cucu kita kelak mengenali alamnya ... mengenali marga satwa yg dulu pernah berjaya di masa lalu ..:)

dan ketika aku bertanya sekedar memuaskan rasa ingin tau-ku ... "gak ingin berhenti mbah? gak capek ..?? kan udah tua?" jawabnya sungguh membuat malu ..
Berhenti? nanti kalo sudah mati ... selama napas msh dikandung badan kita tak boleh berhenti ... kalo masih mau makan ya .. harus tetap kerja.." ujarnya sambil tertawa ..

No comments: