Friday, March 04, 2005

jakarta hari itu ..

minggu 27 february 2005
tak ada rencana hari ini... datang ke kantor seperti biasa .. tak ada proyeksi .. yahh nganggur lagi deh hari ini ..
ada perasaan bersalah menyelinap di hati ... merasa hari ini tak kan bermanfaat .. buatku.. buat kerja buat orang lain... satu hari lagi terbuang percuma batin hatiku ...

mau sekedar having fun bareng pacar.. rasanya tak mungkin .. ia sedang menikmati waktunya bersama keluarga .. kebingungan sempat melanda.. akhirnya kuputuskan untuk menelpon seorang teman dan mengajaknya keluar .. menikmati week end di jakarta

pilihanku jatuh pada teman kecil ini.. sudah dua minggu tak melihatnya .. kerinduan .. melintas di hati .. maklum ia adalah sahabat yang sejak delapan tahun terakhir setia menemani .. selalu ada walau tak diminta.. memberi arahan juga bantuan ketika dibutuhkan ...

satu hari lagi kulewati bersama-nya .. berbagi canda juga cerita .. seperti layaknya perempuan biasa ,, belanja adl pilihan utama untuk melewati hari ini..
dan .. mengalirlah cerita itu .....
kami memang terbiasa selalu berbagi .. hari2 yang kulalui .. orang2 yang kutemui.. masalah2 yg kuhadapi sebisanya aku bagi dengannya .. demikian pula sebaliknya..
Ternyata teman yang selama ini selalu kuandalkan .. tak sekuat yang terlihat ... dibalik senyum bijak itu tersimpan juga hasrat ...dan keinginan yang belum terwujudkan..

keluhan-ku tentang kekasih memicu semuanya .. betapa kadang org tersayang itu sangat kurang perhatian .. terlalu sibuk dengan kerjaan..
jawaban-nya saat itu sungguh mencengangkan..
"san ... kamu beruntung ... kamu selalu punya pilihan untuk semuanya" .. untuk kerjaan juga untuk percintaan .."
"lo .. tapi aku kan juga pernah jatuh bangun Wiikk!!!" seperti biasa aku gak pernah mau kalah .
"iya ... tapi tetep aja pilihan kan .. kamu punya itu .. kamu bisa memilih kerjaan yg kamu suka .. coba inget2 deh .. saat itu gak cuma satu tawaran kerja yg datang ke kamu ... tapi tiga!! sampe akhirnya kamu milih kerja jd reporter..?"
" iyyaa.. tapi aku sering gagal bercinta".. hehe lagi2 aku msh gak mau nyerah ..
" :) santy sayang ... selalu ada yang naksir kamu .. selalu ada... selalu ada yg sayang kamu .. kalo waktu itu kamu gak mau pacaran itu pilihan kamu to..??" ntah knapa kamu slalu dapat berkah itu .. disayangi semua orang selalu dapat perhatian .. selalu .. coba kamu jadi aku .. selalu jd org yang tenggelam.. ktika aku jln bareng kamu ,, semua mata .. semua gak cowok gak cewek.. ngeliatnya ke kamu .. ntah kagum .. ntah iri .. tapi selalu kamu .."" coba bandingkan ... gak ada yang mau memandangku dg mata memuja .. atau mata iri sekalipun ... aku bahkan bln pernah merasakan giman ditaksir cowok .. shan... sakit jadi orang yang tak pernah dipandang.."

aku terpana sumpah ... apalagi melihat matanya yang berkaca... sahabatku ... knapa bisa punya pikiran begitu ... aku kan sayang ama kamu ... !!
wiwik ... orang yang selama ini selalu membuatku iri .. dengan kesejahteraan-nya .. dengan kerjaan bagusnya .. dengan kemapanan dan kecerdasannya .. aku selalu menganggap-nya jauh lebih beruntung dari aku ... entah kenapa aku slalu ngerasa Tuhan sangat suka mengujiku ... aku harus berjuang dulu .. harus jatuh bangun dulu ... harus nangis darah dulu ... baru bisa mendapatkan inginku ... sedangkan dia .. aku selalu merasa wiwik lebih beruntung dari aku .. jauh lbh beruntung .. dlm hidup ... keluarga .. maupun study ...
aku malu .. ternyata selama ini yang tampak olehku tak sama dengan yg terasa olehnya ... bahwa seorang wiwik-pun punya banyak keresahan ... punya hal untuk digundahkan ... hampir tak jauh beda dg ku ... bahkan mungkin untuk beberapa sisi kehidupan .. aku sudah punya hal2 yang ia masih usahakan ( kamu, misalnya .. seseorang dg segala aspek yg kubutuhkan .. seseorang yang bersedia berbagi apapun dg-ku ... kakak, teman, sahabat sekaligus kekasih ..)
Tuhan ... Ampuni aku karena banyak prasangka buruk bersliweran di hatiku ... maafkan karena kebodohan-ku yang tak mampu membaca sinyal-MU ... maafkan ..

'akhirnya aku cuma bisa bilang .."everything has it's time wik ,,, everyone has her/his time... " nanti juga akan datang saatnya kamu menemukan semuanya ... " tentunya sambil memanjatkan doa ... smoga saat itu tak terlalu lama .. dan aku msh sempat menyaksikannya .. wiwiik dengan kemenangannya ..

ktika malam telah semakin merambat larut .. kami pun berpisah ... gak terasa 6 jam kami berbincang hari itu .. sambil melihatnya menyeberang ... hatiku sempat berucap syukur ... betapa aku sangat sarat oleh berkah .. batapa Tuhan sangat mencintaiku .. tak usah jauh2 melihat aceh atau org2 tak beruntung lain .. lihatlah wiwik org terdekat itu ... kamu masih lbh bruntung dr dia shan ...
malu ... karena slama ini aku suka berpikir .."alangkah enaknya jd wiwik .. datang dari kluarga sangat mapan ... berprestasi akademik memuaskan .. sekarang kerja gak berat .. gajinya banyak ..seakan semua keberuntungan tertumpah pada teman kecil ini ... :) maaf wiiikkk mengirikan-mu ..."
ternyata .... gak semua yang tampak di mata benar adanya ...

:) tetaplah jadi tempatku bercermin ya wik .... tetaplah ada di sana ... aku butuh kamu ... sebanyak kamu butuh aku ...

No comments: